Hak Anda untuk Menghapus Akun Kompas.id 

Anda dapat menghapus akun melalui web maupun aplikasi kapan pun Anda inginkan. Penghapusan akun ini bersifat permanen setelah Anda konfirmasi, oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan penghapusan akun, silakan pelajari terlebih dulu syarat dan ketentuannya di sini.

Cara melakukan penghapusan akun melalui laman web: 

Langkah 1: Masuk ke akun Kompas.id Anda. 

Langkah 2: Klik menu akun di kanan atas, lalu pilih kelola akun. Atau dengan mengeklik tautan ini.

Langkah 3: Klik menu “Detail Akun”, lalu klik “Hapus Akun”. Kami menyarankan untuk membaca lebih dulu syarat dan ketentuan penghapusan akun, pastikan Anda juga melakukan pembatalan paket langganan yang masih aktif setelah penghapusan akun. 

Langkah 4: Klik tombol “Lanjutkan”. 

Langkah 5: Isi formulir “Konfirmasi Penghapusan Akun” sesuai dengan alasan Anda melakukan penghapusan akun. 

Langkah 6: Masukkan dan konfirmasi info akun Anda yang dapat berupa kata sandi, OTP (One Time Password), atau tombol SSO (Single Sign On), cara ini disesuaikan dengan cara Anda saat mendaftar akun Kompas.id. (Konfirmasi info akun diperlukan agar memastikan bahwa pemilik akun yang melakukan penghapusan akun dan agar penghapusan akun tidak disalahgunakan oleh pihak lain.)

Langkah 7: Setelah penghapusan akun dikonfirmasi, akun Kompas.id akan terhapus permanen dan akan otomatis dikeluarkan dari semua perangkat yang terhubung. 

Cara melakukan penghapusan akun melalui iOS: 

Langkah 1: Masuk ke akun Kompas.id Anda. 

Langkah 2: Klik “Akun”. 

Langkah 3: Klik “Pengaturan”. 

Langkah 4: Klik menu “Hapus Akun”. Pastikan akun sudah benar, baca lebih dulu syarat dan ketentuan penghapusan akun, pastikan Anda juga melakukan pembatalan paket langganan yang masih aktif setelah penghapusan akun. 

Langkah 5: Klik tombol “Hapus Akun”, Anda akan dialihkan ke tampilan web. 

Langkah 6: Ikuti langkah selanjutnya. 

Langkah 7: Isi formulir “Konfirmasi Penghapusan Akun” sesuai dengan alasan Anda melakukan penghapusan akun. 

Langkah 8: Masukkan dan konfirmasi info akun Anda yang dapat berupa kata sandi, OTP (One Time Password), atau tombol SSO (Single Sign On), cara ini disesuaikan dengan cara Anda saat mendaftar akun Kompas.id.  (Konfirmasi info akun diperlukan agar memastikan bahwa pemilik akun yang melakukan penghapusan akun dan agar penghapusan akun tidak disalahgunakan oleh pihak lain.)

Langkah 9: Anda akan secara otomatis dialihkan kembali ke halaman akun dengan keadaan sudah keluar akun. 

Data Apa yang Kami Kumpulkan dari Anda?

Ada beberapa data yang kami kumpulkan selama penggunaan Kompas.id. Data ini kami gunakan untuk mengidentifikasi Anda agar memberikan Anda pengalaman terbaik menggunakan produk Kompas.id. Berikut adalah di mana data Anda terkumpul 

  • – Informasi yang Anda Berikan secara Sukarela 

  • 1. Untuk Registrasi
    Saat Anda mendaftar Kompas.id, kami mengumpulkan nama, informasi kontak, dan kredensial akun. Setelah Anda terdaftar, kami memberikan nomor identifikasi unik (unique ID number) yang berguna untuk mengenali Anda saat Anda masuk akun. Untuk beberapa kasus lain, Anda dapat mendaftar Kompas.id dengan Google, Facebook, atau Apple ID. Untuk masing-masing pihak ketiga ini kami mengumpulkan data berbeda, sebagai berikut: 
  • – Google: Email. 
  • – Facebook: Nama dan email. 
  • – Apple ID: Email, jika diizinkan oleh pengguna. 
  • Jika Anda mendaftar acara tertentu atau mengisi formulir Opini, akan ada pengumpulan data lain seperti informasi pekerjaan, universitas, dan jenis kelamin. 
  • 2. Untuk Pembayaran
    Dari pembayaran dan pembelian, misal untuk paket langganan, merchandise, tiket acara, dan ePaper, data yang dikumpulkan adalah untuk kebutuhan informasi tagihan. Berikut data yang dikumpulkan dalam proses ini: 
  • – Nama. 
  • – Email. 
  • – Nomor identifikasi unik. 
  • – Nomor telepon. 
  • – Alamat. 
  • – Informasi kartu debit dan/atau kredit jika diperlukan.
     
  • 3. Survei Pembaca
    Kami mengumpulkan data dengan kuesioner, survei, dan program umpan balik (feedback program). Kami meminta persetujuan Anda untuk menggunakan informasi ini saat Anda berpartisipasi dalam program dan acara ini. Informasi yang dikumpulkan adalah data pribadi, sebagai berikut:  
  • – Nama. 
  • – Email. 
  • – Jenis kelamin. 
  • – Domisili. 
  • 4. Selama Kontak dengan Layanan Pelanggan 

Kami mengumpulkan informasi saat Anda menghubungi Layanan Pelanggan lewat telepon atau pesan WhatsApp. Informasi ini untuk membantu Layanan Pelanggan mengidentifikasi Anda dan permasalahan Anda sehingga dapat membantu Anda.

  • – Informasi yang Dikumpulkan secara Otomatis 

  • 1. Dengan Menggunakan Berbagai Teknologi Pelacakan dalam Perambah dan Aplikasi Seluler  
  • Teknologi ini termasuk cookie, bekon web/penanda web, tag dan skrip, perlengkapan pengembangan perangkat lunak (software development kits, atau SDKs), dan semacamnya. Kami melacak dan menyimpan data tentang bagaimana Anda mengunjungi dan menggunakan layanan dan produk kami, terutama dari laman web dan aplikasi. Berikut yang kami data: 
    • – Alamat IP. 
    • – Lokasi. 
    • – Sistem operasi. 
    • – Perambah web. 
    • – Bahasa perambah web. 
    • – Alamat web (URL) yang Anda kunjungi di situs dan aplikasi kami. 
    • – Pengenal perangkat atau device identifiers. 
    • – Pengenal iklan atau advertising identifiers 
    • – Informasi penggunaan lain. 

Aplikasi Kompas.id di Android dan iOS mengumpulkan data lokasi Anda. Lokasi GPS Anda adalah lokasi persis Anda. Anda dapat memilih untuk mengaktifkan fitur-fitur GPS saat pertama Anda memasang aplikasi. Anda dapat mengubah pengaturan di perangkat Anda kapan saja. Jika Anda mengaktifkan fitur-fitur ini, lokasi GPS dapat ditemukan oleh satelit, menara ponsel, atau Wi-Fi yang digunakan oleh aplikasi. 

Jika Anda tidak mengaktifkan servis berbasis lokasi, atau jika aplikasi spesifik tidak memiliki fitur-fitur berbasis lokasi, kami tidak mengumpulkan lokasi persis GPS Anda. Kami mengumpulkan alamat IP, yang bisa menentukan perkiraan lokasi Anda.

Apa yang Kami Lakukan pada Data Anda?

Kami menggunakan data Anda yang kami kumpulkan terbatas hanya untuk menyediakan berbagai layanan dan untuk pengembangan produk, layanan, dan analisis, serta tugas administratif. Silakan pahami di bawah ini untuk informasi lebih lengkap terkait apa yang kami lakukan pada data Anda. 

  • 1. Untuk Menyediakan Berbagai Layanan Kompas.id 

Kami menggunakan informasi Anda untuk membantu Anda menggunakan dan melakukan navigasi berbagai layanan Kompas.id, seperti: 

  • – Membuat layanan Kompas.id tersedia untuk Anda. 
  • – Mengatur akses ke akun Anda. 
  • – Menyediakan layanan pelanggan. 
  • – Merespons pertanyaan, permintaan, saran, atau komplain. 
  • – Menyelesaikan pembayaran dan transaksi Anda. 
  • – Mengirim pesan yang berhubungan dengan layanan (misal, perubahan pada syarat dan ketentuan kami). 
  • – Menyimpan daftar bacaan, e-Paper yang diunduh, tiket Kompas Event, kelas Kompas Institute, atau pencarian. 
  • – Memungkinkan Anda untuk menjadi bagian dari layanan berbayar, pemberian suara (polling), promosi, survei, riset, dan komentar.
     
  • 2. Untuk Mengembangkan Produk, Layanan, dan Melakukan Analisis 

Kami menganalisis data langganan, pembelian, dan perilaku penggunaan dari pengguna. Ini membantu kami untuk membuat berbagai keputusan bisnis dan pemasaran. Google Analytics adalah salah satu pihak penyedia analitik yang kami gunakan. 

Sebagai contoh, analisis kami membiarkan kami untuk memprediksi berbagai preferensi dan titik harga untuk produk dan layanan kami. Ini membantu kami untuk menentukan apakah pemasaran kami berhasil. Ini juga menunjukkan kepada kami bermacam karakteristik dari pembaca, yang terkadang kami bagikan agregatnya pada pengiklan.
 

  • 3. Untuk Melaksanakan Tugas Administratif 

Untuk audit: Kami memverifikasi bahwa proses internal kami berjalan sebagaimana mestinya dan patuh pada ketentuan legal, peraturan, dan kontrak. 

Untuk kepuasan pelanggan: Kami menilai kepuasan pelanggan terhadap produk, layanan, dan layanan pelanggan Kompas.id.