Bila anda menggunakan peramban (browser) untuk membuka dan membaca ePaper Harian Kompas di alamat https://epaper.kompas.id, dan halaman koran tidak dapat langsung tampil serta menampilkan pesan kesalahan seperti dibawah ini.

An Error Occurred While Loading The Document. Try reloading the page.

Artinya aplikasi peramban (browser) di perangkat anda harus dibebaskan dari data yang sudah tersimpan/terekam sebelumnya. Data yang sudah tersimpan ini sering disebut dengan Cache atau tembolok.

Berikut langkah-langkah untuk menghapus cache pada perangkat anda.

Persiapan

  1. Pastikan koneksi internet anda baik.
  2. Pastikan status login anda dapat tampil dan menampilkan status anda dengan baik
  3. Bila status login anda tidak dapat tampil, segera hubungi layanan pelanggan. Artinya kesalahan ada pada sistem Kompas.id.

 

Setelah memastikan bahwa kesalahan bukan pada sistem aplikasi Kompas.id, lakukan langkah-langkah berikut.

Peramban Perangkat Bergerak ( Browser Handphone)

  1. Buka menu pada peramban anda. Biasanya ada di sudut kanan atas.
  2. Pilih “History”
  3. Pilih “Clear Browsing Data”
  4. Pilih “Clear Data”
  5. Akses kembali halaman ePaper

Peramban Desktop

  • Lakukan langkah serupa atau cukup tekan langkah penyegaran dengan menekan CTRL + F5.

Sekian dan terimakasih.